Ingin mencoba olahraga ekstrim namun tidak memiliki waktu untuk melakukannya? Santai, Anda bisa mencoba beberapa teknik olahraga yang tergolong ekstrim, yaitu Parkour. Olahraga ini termasuk ke dalam kegiatan ekstrim karena sangat memacu adrenalin untuk memanjat atau melompat dari gedung satu ke gedung lainnya. Butuh keahlian khusus untuk bisa melakukan olahraga ini. Bagi Anda yang masih pemula, jangan khawatir, Anda tetap bisa mencoba gerakan-gerakan dasar dalam Parkour dengan alat-alat dan rintangan yang cukup sederhana. Nah, sebelum menjadi seorang ahli dalam bidang Parkour, Anda dapat mempelajari teknik-teknik dasar berikut ini.

Lompatan ke Atas dan Bawah

Teknik ini merupakan hal yang paling dasar sebelum berlanjut ke teknik berikutnya. Teknik ini mengharuskan Anda untuk melompat dengan tumpuan kedua kaki dari bawah ke atas begitupun sebaliknya. Nampak sederhana? Tunggu dulu, teknik ini memang kelihatan sederhana namun dengan hal ini bisa melatih kekuatan dan fleksibilitas kaki Anda. Kemampuan fleksibel tersebut akan terlatih karena saat Anda akan melompat dari bawah atau dari atas, Anda agak sedikit menekuk kedua lutut saat ingin melompat.

Hal ini terkait dengan fleksibilitas dan kekuatan pada saat kaki menyentuh tanah atau pijakannya. Oleh karena itu, Anda harus menguasai teknik paling dasar ini dulu. Sebelum berlanjut ke teknik berikutnya.

Wall Climb

Dari istilahnya saja, pasti Anda sudah bisa menebak bagaimana teknik ini dilakukan. Teknik ini juga merupakan hal dasar dalam olahraga sbobet88 Parkour yaitu memanjat tembok. Teknik ini akan membantu melatih tubuh bagian atas Anda karena dasarnya teknik ini menarik tubuh ke atas.

Untuk bisa lancar melakukan teknik ini, Anda bisa melakukan latihan pull up. Hal ini akan membuat otot bagian atas akan semakin kuat mengangkat badan Anda sendiri. Dalam olahraga Parkour, Wall Climb menjadi salah satu teknik yang sangat dibutuhkan. Terlebih fokus tantangan yang dihadapi adalah tembok atau dinding gedung tinggi.

Vaulting

Teknik Vaulting sudah masuk ke gerakan yang mulai sulit, namun tetap masih tergolong dalam teknik dasar. Pada teknik ini, tantangannya adalah gerakan kaki dan tangan yang sinkron serta timing yang tepat dalam melompati rintangan.

Vaulting memang sangat beragam, ada yang hanya dengan satu tangan, namun karena ini sebagai teknik dasar yang harus dikuasai, Anda harus masih perlu menggunakan kedua tangan. Vaulting akan membuat Anda dapat melompati serta melewati halang rintang yang cukup besar, misalnya meja taman.

Swinging Through

Gerakan ini dilakukan dengan cara bergelantungan melewati rintangan. Dasar dari teknik Swinging Through adalah berlari lalu menggapai tiang dengan kedua tangan serta mengayunkan badan untuk melewati rintangan tersebut.

Karena bergantung dengan tangan dan kaki, keseimbangan badan adalah hal utama yang diperlukan dalam teknik ini. Kalau saat berlari dan hentakan tangan pertama tidak seimbang, sudah pastikan Anda akan terjatuh. Oleh karena itu, kaki yang mengayun badan Anda juga harus kuat agar ayunan yang dibuat oleh badan Anda dapat mengantar melewati rintangan tersebut.

Saat mendarat dari Swinging Through, pastikan Anda mendarat dengan bertumpu pada kedua kaki. Hal ini berkaitan dengan keharusan Anda untuk berlari kembali. Pendaratan dari Swinging Through juga harus sering dilatih, supaya bisa terus melanjutkan dan menyelesaikan rintangan lainnya.

Cat Leap

Istilah ‘cat’ dalam Cat Leap memang mengharuskan Anda untuk melompat ke dinding atau rintangan lain seperti seekor kucing. Teknik ini merupakan gerakan kombinasi dari melompat dan Wall Climbing. Oleh sebab itu, tidak hanya keseimbangan, kekuatan tubuh bagian atas dan kaki juga menjadi kunci dari teknik ini.

Teknik ini memiliki risiko yang cukup tinggi. Namun risiko tersebut juga tergantung pada seberapa tinggi loncatan dan tembok yang akan dilalui. Teknik ini cukup populer digunakan karena Parkour banyak dilakukan di wilayah perkotaan yang banyak gedung tinggi. Tembok-tembok tinggi adalah rintangan utama yang harus dilewati dengan perhitungan yang pas.

Itulah beberapa teknik dasar dalam olahraga Parkour. Ingat, sebelum melakukan teknik tersebut Anda perlu melakukan pemanasan atau stretching. Hal ini bertujuan untuk menghindari kram dan kaku otot saat Anda sedang melakukan teknik tersebut.

Sedikit tips, sebelum siap terjun ke wilayah dengan rintangan yang sebenarnya, atau geedung-gedung tinggi, Anda bisa memanfaatkan beberapa peralatan rumah untuk menjadi bahan latihan Anda. Misalnya meja taman, sofa, bangku atau tembok rumah Anda.