Jenis olahraga tersebut tidak berfokus pada sebuah kompetisi. Maka dari itu, tidak ada yang namanya pemenang atau yang kalah dalam melakukan olahraga ekstrim.
(Source: unsplash.com)

BASE Jumping, Wingsuit Flying, berselancar dalam ombak yang sangat besar, ski ekstrim, dan memanjat tebing dengan hanya menggunakan satu tali saja. Ketika Anda mendengar kata itu atau mengenal orang yang suka melakukan berbagai macam kegiatan olahraga ekstrim tersebut, Anda pasti akan mengira bahwa mereka merupakan seseorang yang senang mengambil resiko.

Tipe orang yang Anda deskripsikan mungkin mereka sebagai seorang “hedonis menyimpang” atau “pencari sensasi”. Dan biasanya yang ada di dalam benak Anda adalah mereka semua biasanya laki-laki. Akan tetapi, kata yang tepat yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan mereka adalah seseorang yang “mencari adrenalin”. Dan juga, para pencari adrenalin tidak hanya laki-laki saja tetapi juga perempuan.

Permasalahan yang terdapat dalam stereotip para partisipan olahraga ekstrim ini tidak hanya tidak selalu benar, tetapi juga membuat olahraga ekstrim tidak dapat diakses oleh banyak masyarakat awam. Pandangan seperti itu sangatlah merusak. Sebab, olahraga ekstrim sebenarnya adalah olahraga yang dapat dilakukan oleh siapapun mereka yang senang akan pacuan adrenalin yang tinggi. Terlebih lagi, olahraga ekstrim juga memiliki dampak yang lebih positif jika dibandingkan dengan olahraga tradisional yang kompetitif.

Olahraga Ekstrim Merubah Cara Pandang Hidup

Beberapa orang yang sering melakukan olahraga ekstrim mengatakan bahwa kegiatan tersebut menyebabkan terjadinya perubahan dalam hidup mereka secara positif. Baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam realitanya, melakukan olahraga ekstrim tidak hanya harus bergerak dengan cepat dan menantang maut saja seperti yang sering sekali digambarkan dalam banyak video olahraga ekstrim. Namun, melakukan kegiatan tersebut dapat membuat para penggiatnya merasakan suatu pengalaman dan peasaan damai dan tenang.

Dalam jangka panjangnya, pengalaman dan perasaan yang dirasakan dalam melakukan olahraga ekstrim tersebut mendukung manfaat yang membuat mereka merasa lebih sejahtera secara berkelanjutan seperti kesadaran bahwa emosi, salah satu contohnya yaitu ketakutan, yang secara tradisional biasa dianggap sebagai emosi yang negatif, ternyata tidak harus membatasi potensi seseorang untuk melakukan yang lebih yang mungkin di luar batas kewajaran manusia.

Bahkan, para penggiat olahraga ekstrim tersebut mengatakan bahwa mereka tidak lagi merasa bosan dengan hidup. Mereka juga lebih sering memandang orang lain dengan cara yang lebih positif setelah melakukan berbagai macam olahraga ekstrim.

Meningkatnya Potensi Manusia

Banyak para penggiat olahraga ekstrim mengatakan bahwa mereka memiliki pengalaman sensorik yang luar biasa yang tidak akan didapatkan dari kehidupan sehari-hari dan melakukan kegiatan yang tidak memacu adrenalin. Hal tersebut dikarenakan selama mereka melakukan olahraga ekstrim, kemampuan manusia untuk melihat, mendengar, dan merasakan, meningkat secara drastis.

Salah satu contohnya adalah para peloncat BASE yang berbicara mengenai potensi indera mereka yang meningkat sehingga mereka dapat melihat setiap sudut dan celah, dan juga warna batu yang berbeda-beda walaupun mereka sedang dalam perjalanan secepat 200 mph. Mereka juga mengatakan bahwa mereka merasa bahwa mereka menyatu dengan alam ketika melakukan kegiatan tersebut.

Hal tersebut mungkin salah satu alasan mengapa banyak sekali penggiat olahraga ekstrim yang menghabiskan banyak sekali energi dan waktu mereka dalam bekerja keras untuk memberi masyarakat awam pelajaran mengenai pentingnya merawat dan menjaga alam. Hal tersebut juga dapat memberi mereka kesempatan untuk mempelajari kesehatan dan kesejahteraan psikologis manusia secara umum.

Melakukan olahraga ekstrim sangatlah menyenangkan. Hal tersebut dikarenakan jenis olahraga tersebut tidak berfokus pada sebuah kompetisi. Maka dari itu, tidak ada yang namanya pemenang atau yang kalah dalam melakukan olahraga ekstrim. Oleh karena itu, kegiatan tersebut terbuka untuk semua yang suka melakukan aktivitas fisik dan senang mencari adrenalin.