Pecinta Diving Mari Merapat!

Apakah Anda sudah mengetahui bahwa menyelami kedalaman laut termasuk ke dalam olahraga ekstrim? Ya, diving adalah salah satu jenis olahraga ekstrim karena tidak bisa dilakukan sembarangan. Menyelam di bawah laut tidak sama dengan berenang, karena kondisi di bawah laut tidak sama dengan kondisi di kolam renang. Di kedalaman laut terdapat banyak jenis spesies ikan dan makhluk hidup lainnya. Selain itu diving juga membutuhkan teknik khusus dalam penggunaan alatnya serta dalam menghadapi biota lautnya.


Nah, di Indonesia banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi, termasuk bagi Anda yang sangat suka dengan diving. Berikut ini ada beberapa lokasi menyelam terbaik di Indonesia. Lokasi-lokasi ini terkenal dengan keindahan dan pesona alam yang dimilikinya. Sehingga sangat layak untuk dicoba.

Karimunjawa, Jawa Tengah

Karimunjawa merupakan rangkaian dari beberapa kepulauan, yaitu 27 pulau yang terletak di Laut Jawa, termasuk wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan Karimunjawa telah ditetapkan sebagai Taman Nasional sejal 15 Maret 2001. Karimunjawa memiliki setidaknya 30 situs penyelaman yang sangat indah. Kedalamannya antara 5 sampai 40 meter, dengan jarak pandang antara 5 sampai 25 meter dan besaran arus yang bervariasi. Pemandangan alam bawah lautnya antara lain tutupan terumbu karang yang rapat, berbagai keragaman fauna laut seperti penyu sisik dan penyu hijau, ikan napoleon, serta lebih dari 200 spesies ikan hias yang siap menyambut Anda saat diving.

Pulau Komodo, NTT


Pulau yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai barat, Provinsi NTT ini menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO sejak 1991. Lokasi diving terbaik di sekitar Pulau Komodo adalah Pantai Merah, Batu Bolong, Tatawa Besar, Batu Tiga dan Manta Point (lokasi melihat Pari Manta). Selain Manta, di Pulau Komodo, penyelam dimanjakan dengan melihat berbagai jenis ikan lainnya seperti ikan badut, hiu karang, penyu hingga barakuda. Di pulau ini pun memiliki keanekaragaman topografi bawah laut seperti reef flat sampai wall. Namun yang harus diperhatikan bagi Anda yang ingin melakukan olahraga ekstrim diving adalah, arus di Pulau Komodo cukup kuat sehingga tidak disarankan bagi penyelam yang masih pemula.

Alor, NTT

Sama seperti Pulau Komodo, Kepulauan Alor terletak di Nusa Tenggara Timur. Kawasan wisata ini memiliki sekitar 20 pulau dan beberapa selat. Alor mempunyai tidak kurang dari 30 spot penyelaman. Beberapa diantaranya seperti Half Moon Bay, Baruna’s Point, Peter’s Prize, Crocodile Rook dan No Man’s Land. Biota laut yang dapat dilihat di lokasi penyelaman Alor adalah hiu karang, penyu, moray eel, ikan napoleon, dog-tooth tuna serta barakuda.

Bali

Seperti yang kita ketahui Bali memang memiliki banyak destinasi wisatanya. Termasuk spot-spot penyelaman favorit. Beberapa lokasi menyelam terbaik di Bali misalnya Nusa Penida (Penida Bay, Batu Abah, Manta Point, Batu meling, Batu Lumbung, Crystal Bay serta Malibu Point). Tempat diving terbaik di Sanur adalah (Jeladi Willis, Sanur Bay, Penjor Reef). Selain itu ada pula spot diving terfavorit di Pulau Menjangan seperti (Secret Bay, Pemuteran dan PJ). Sementara di daerah Pantai Timur Bali, tempat wisata penyelaman andalannya ada (Amuk Bay, Gili Biaha, Gili Tepekong, Gili Mimpang dan Blue Lagoon). Tempat-tempat tersebut tentunya menyajikan penyegaran untuk mata Anda dengan keanekaragaman pemandangan alam bawah laut yang dimilikinya.

Derawan, Kalimantan Timur

Derawan merupakan gugusan kepulauan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Terdiri dari 31 pulau, dengan beberapa nama yang cukup familiar di telinga para divers seperti Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki dan Kakaban. 

Di Pulau Kakaban, terkenal dengan atol atau salah satu bentuk penampakan dalam laut yang membentuk danau air asin dan 4 jenis ubur-ubur yang tidak menyengat. Selain itu ada sekitar 28 titik penyelaman yang ada di sana. 

Banda, Maluku

Banda adalah sebuah kepulauan di Maluku, tepatnya di Laut Banda. Terdiri atas 10 pulau dengan tiga pulau terbesar yakni Pulau Neira, Pulau Banda Besar dan Pulau Gunung Api. Pulau ini diketahui telah menjadi Kawasan Konservasi Perairan Nasional Laut Banda berdasarkan SK Menteri Kelautan dan Perikanan.

Raja Ampat, Papua Barat

Kepulauan di Papua Barat ini memiliki 610 pulau. Empat pulau diantaranya diakui sebagai pulau terbesar yaitu Pulau Misool, Pulau Waigeo, Pulau Salawati dan Pulau Batanta. Wilayah ini secara resmi dinyatakan sebagai salah satu lokasi dengan keanekaragaman biota laut tertinggi. Raja Ampat adalah salah satu taman laut terindah di Indonesia bahkan dunia. Di Raja Ampat, teridentifikasi ada sejumlah 537 spesies terumbu karang, 75% dari total spesies terumbu karang di dunia. Selain itu terdapat lebih dari seribu spesies ikan karang dan 700 jenis moluska.

Jadi, itulah tujuh situs lokasi menyelam terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi lokasi penyelaman di Indonesia yang kaya akan biota bawah lautnya, yang pastinya sangat indah dan menarik. Bagi pecinta olahraga ekstrim diving, pastinya agak sulit untuk memberikan penilaian lokasi penyelaman mana yang terbaik, karena masing-masing situs memiliki pesona dan ciri khasnya masing-masing. Semakin bangga kan menjadi warga negara Indonesia?