Kepopuleran olahraga ini menjadikan spot paragliding sebagai tempat yang paling ramai dikunjungi,
(Source: www.pexels.com)

Meski banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Indonesia, akan tetapi kegiatan pemacu adrenalin (adrenaline rush) rupanya masih minim diminati oleh masyarakat. Padahal, memanjakan rasa penasaran akan hal-hal yang ekstrim seperti olahraga ekstrim dapat menambah daftar pengalaman menyenangkan dalam hidup Anda.

Berbicara mengenai olahraga ekstrim, ternyata Anda bisa melakukan 9 kegiatan adrenaline rush ini di Indonesia, loh! Tidak dipungkiri lagi, Indonesia memiliki banyak sekali medan dan rintangan cuaca yang sangat cocok untuk beberapa kegiatan di bawah ini. Apakah Anda siap untuk mencobanya? Simak daftar berikut.

1. Paragliding (Puncak, Jawa Barat)

Paragliding merupakan olahraga ekstrim yang rekreasional dan tidak hanya dibolehkan bagi para atlet saja. Ketika Anda berada di kawasan Puncak dan melihat ke langit, pasti Anda pernah melihat setidaknya dua atau tiga glider yang meluncur ke bawah. Entah itu hanya dinaiki oleh satu orang, atau bahkan dua orang.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewati untuk dicoba ketika sedang berkunjung ke Puncak. Pasalnya, paragliding tidak hanya menyenangkan dan memacu adrenalin, tetapi Anda juga akan dapat kesempatan untuk melihat indahnya Puncak dari langit. Dan juga, Anda pastinya akan dibuat takjub oleh kesegaran udara yang masih dimiliki kawasan tersebut.

Kepopuleran olahraga ini menjadikan spot paragliding sebagai tempat yang paling ramai dikunjungi. Terlebih lagi oleh para orang-orang yang sengaja mencari adrenaline rush. Tidak hanya ramai akan wisatawan lokal, tetapi tempat ini juga ramai oleh wisatawan asing.

2. Berselancar (Lombok)

Indonesia memiliki lebih dari 17 ribu pulau yang mana sebagian dari pulau tersebut dapat dikatakan sebagai surga bagi pencari ombak. Terletak di antara Bali dan Sumbawa, Lombok yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu dari belasan ribu pulau tersebut yang sangat terkenal akan ombaknya. Menjadikan Lombok sebagai salah satu tujuan utama para pecinta olahraga selancar di seluruh dunia.

Beberapa hal yang menjadikan Lombok sangat terkenal adalah Anda dapat berselancar kapan saja karena airnya selalu hangat. Selain itu, Lombok tetap memiliki ombak walaupun sedang musim kering. Apabila ingin berselancar di musim kering, waktu yang tepat untuk melakukannya adalah berselancar di pagi buta. Kemudian, meskipun Lombok memiliki kualitas ombak yang sedikit rendah dan tidak terlalu intens seperti Bali (kecuali Desert Point), tetapi hal inilah yang membuat Lombok sangat cocok bagi mereka yang baru belajar berselancar. Selain ombaknya sangat bersahabat, pantainya juga tidak terlalu penuh.

Apabila Anda tertarik, Lombok memiliki beberapa tempat yang sangat bagus untuk berselancar. Di antaranya adalah Desert Point Bangko-Bangko, Seger, Mawi, Senggigi, dan Pantai Gerupuk. Tidak hanya menawarkan ombak dan angin yang cocok untuk berselancar, tetapi tempat-tempat tersebut juga menawarkan keindahan alam yang tidak tertandingi.

3. Triathlon (Pulau Bintan)

Triathlon adalah sekumpulan olahraga yang digabung menjadi satu dan dilaksanakan selama beberapa hari berturut-turut tanpa henti. Walaupun jenis kegiatan yang dilakukan sangat beragam, tetapi kegiatan yang sering dilakukan adalah berenang, bersepeda, dan berlari dalam jarak yang beragam.

Bagi sebagian orang, olahraga ini mungkin sangatlah asing di Indonesia. Akan tetapi, kegiatan ini sangatlah direkomendasikan bagi mereka yang ingin mencoba untuk berkompetisi dalam ketahanan tubuh selama melakukan rangkaian kegiatan tersebut. Diorganisasi oleh salah satu perusahaan olahraga, Bintan Triathlon merupakan acara tahunan yang diadakan di kawasan pariwisata Nirwana Gardens.

Kegiatan yang ditawarkan dalam Bintan Triathlon sangatlah beragam. Dimulai dari berenang, lomba bersepeda, dan festival lari. Kegiatan ini tidak hanya dapat dilakukan oleh para atlet triathlon, tetapi juga dapat dilakukan oleh para penggiat triathlon baru.

4. Paddleboard Yoga (Bali)

Yoga merupakan salah satu olahraga yang tidak hanya dapat menguatkan fisik, tetapi juga kesehatan mental dan spiritual. Meskipun bukan sebuah olahraga ekstrim, tetapi yoga dapat dijadikan sebuah olahraga ekstrim apabila dilakukan di atas paddleboard.

Di pantai Sanur, Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas yoga di atas paddleboard. Anda tidak hanya akan mempelajari kegiatan dasar yoga dengan pose dan teknik bernapas yang benar, tetapi juga bagaimana berdiri di atas paddleboard di tengah-tengah lautan. Walaupun lebih rumit, tetapi versi lain dari yoga ini dapat membantu Anda jauh lebih nyaman dan tenang dengan bantuan angin laut dan hamparan ombak.

5. Flyboarding (Tanjung Benoa)

Salah satu olahraga ekstrim yang sedang naik daun adalah flyboarding. Kegiatan ini adalah kegiatan yang membuat Anda harus berdiri di atas sebuah alat hydroflighting yang tersambung ke jet air yang nantinya akan membuat Anda terbang. Untuk ketinggiannya, Anda dapat terbang dari 5 hingga 10 meter.

Meskipun terdengar sulit, tetapi ternyata banyak orang-orang yang telah mencobanya menganggap bahwa olahraga tersebut sangatlah mudah untuk dikontrol. Hanya dalam 15 menit pertama, Anda sudah dapat menguasai beberapa kontrol dasar dari alat itu sendiri.