Ada yang suka berolahraga? Yap, olahraga memang dikaitkan dengan berbagai manfaat untuk kesehatan dan bisa meregangkan otot-otot agar lentur. Namun, tahukan kamu bahwa di setiap belahan dunia mempunyai berbagai macam olahraga yang sangat ekstrim? Olahraga ekstrim sering dikaitkan dengan orang-orang yang pemberani, maka tak jarang jika ada orang yang melakukan suatu olahraga ekstrim akan lebih merasakan adanya tantangan pada setiap gerakan yang ia lakukan. Banyak masyarakat yang tidak terlalu minat dengan olahraga ekstrim ini karna beranggapan bahwa olahraga ekstrim dapat membahayakan serta mencelakakan tubuh. Definisi dari olahraga tersendiri ialah kegiatan fisik yang bertujuan dan dilakukan oleh seeorang untuk meningkatkan kesehatan tubuhnya.

climbing areas for all - Beberapa jenis olahraga ekstrim di dunia

Olahraga sendiri memiliki berbagai jenis, bukan hanya 2-3 macam. Olahraga biasanya dilakukan ada yang berkelompok, ada yang dilakukan personal, tergantung dari jenis olahraga mana yang dia lakukan. Sebenarnya, setiap olahraga memiliki resiko yang dilakukan, namun tergantung seberapa ekstrim kah olahraga yang dilakukannya. Di berbagai belahan dunia ada banyak olahraga ekstrim serta keras yang sangat menguji nyali mu untuk melakukannya. Mau tau apa saja olahraga ekstrim didunia? Yuk simak artikel yang berikut ini.

 3 Jenis olahraga yang sangat ekstrim didunia

Meskipun kerap kali olahraga ekstrim ini memiliki resiko yang sangat tinggi dalam halnya kecelakaan atau cidera, namun sebagian orang justru merasa tertantang dengan olahraga ekstrim ini. Berikut jenis-jenis olahraga ekstrim didunia:

Elevator surfing

Olahraga ekstrim yang pertama ini ialah elevator surfing. Elevator surfing termasuk kedalam olahraga ekstrim yang ilegal dan tidak sedikit olahraga ini memakan korban. Olahraga ekstrim yang satu ini dilakukan di lift yang terdapat didalam gedung-gedung pencakar langit yang mempunyai puluhan lantai disetiap gedungnya. Dalam olahraga ini tidak menggunakan alat pengaman sama sekali, yang dibutuhkna hanyalah ketepatan serta kekuatan fisik pada setiap gerakannya. Cara melakukan olahraga ekstrim yang satu ini cukup dengan melompat dari atas ruang lift ke atas ruang lift lainnya saat 2 lift itu sedang naik turun tiap kalinya. Saat lift sedang naik-turun maka para elevator surfing segera meloncat diantara kedua lift tersebut. Resiko yang dilakukan olahraga ini sendiri sangatlah tinggi. Karna, bisa saja para elevator prank yang melakukan olahraga ini terjatuh ketika melompat atau bahkan menabrak lift-lift lainnya.

Panjat tebing

Panjat tebing atau rock climbing ini merupakan salah satu olahraga yang sangat ekstrim yang di lakukan di dunia. Olahraga ekstrim ini sangat menimbulkan kekhawatiran serta memiliki resiko yang tidak jauh berbahaya dari elevator surfing. Olahraga panjat tebing biasanya dilakukan di alam bebas. Olahraga panjat tebing ini termasuk kedalam olahraga panjat gunung. Namun, yang dilakukan panjat tebing bukanlah hanya berjalan, melainkan memanjat ke tebing yang sangat curam dan memiliki peralatan khusus untuk pengamanan diri. Olahraga ini sangat menguji kekuatan tangan, kekuatan kaki, kelincahan, daya tahan, serta keseimbangan. Karna jika salah satu dari itu semua tidak dilakukan, maka kamu akan terperosok ke bawah bukit yang tinggi. Banyaknya orang yang melakukan panjat tebing sesudahnya akan mendapatkan luka-luka atau goresan-goresan dari panjat tebing yang dia lakukan.

Base jumping

Base jumping ini merupakan salah satu olahraga ekstrim di dunia. Olahraga base jumping ini merupakan olahraga yang ilegal ketika dilakukan di beberapa wilayah negara. Olahraga ini sangat meruntukan bagi kekuatan tangan, kelincahan, kepekaan, serta uji nyali yang sangat besar. Olahraga base jumping sendiri sangat mirip dengan terjun payung, namun base jumping ini dilakukan dengan pendaratan yang sangat singkat sehingga resiko yang diciptakan oleh olahraga ini sangat besar. Para atlet dari olahraga base jumping ini dinamakan dengan jumper. Dalam melakukan olahraga ekstrim ini, para jumper akan menjatuhkan diri di salah satu struktur dalam base nya, seperti building, antena, spa, dan masih banyak lagi. Lalu, pada saat atlet melakukan pendaratan, maka dia harus membentangkan parasutnya dengan sangat sempurna sebelum mendarat ke bawah agar pendaratan yang dilakukannya akan aman. Resiko dari olahraga ini sendiri ialah kematian.

Nah, itu dia 3 macam olahraga ekstrim yang terdapat di dunia. Jadi, mana yang akan kamu coba untuk menantang uji nyalimu? Semoga artikel ini bermanfaat!